Struktur Organisasi Kapal Laut

Bookmark and Share
Struktur Organisasi Kapal Laut (Pelayaran).

Struktur merupakan  salah satu susunan  dalam sebuah instansi baik di bidang pemerintahan maupun dalam bidang ilmu pelayaran oleh karena untuk membentuk struktur diperlukan beberapa pengelolah  serta anggota seperti halnya dalam bidang pelayaran terdiri dari nahkoda beserta dengan anggota lainnya dan ada pun tujuan sebuah organisasi adalah   terjadinya ikatan solidaritas yang cukup baik dalam lingkungan pemerintahan maupun dalam lingkungan pelayaran .

 Struktur organisasi kapal terdiri dari seorang Nakhoda selaku pimpinan umum di atas kapal dan Anak Buah kapal yang terdiri dari para perwira kapal dan non perwira/bawahan (subordinate crew). Struktur organisasi kapal diatas bukanlah struktur yang baku, karena tiap kapal bisa berbeda struktur organisaninya tergantung jenis, fungsi dan kondisi kapal tersebut. Selain jabatan-jabatan tersebut dalam contoh struktur organisasi kapal diatas, masih banyak lagi jenis jabatan di kapal, diluar jabatan Nakhoda. Misalnya di kapal pesiar ada jabatan-jabatan Bar-tender, cabin-boy, swimming-pool boy, general purpose dan lain sebagainya. Dikapal lain misalnya terdapat jabatan juru listrik (electrician), greaser dan lain sebagainya.

 Semua orang yang mempunyai jabatan di atas kapal itu disebut Awak kapal, termasuk Nakhoda, tetapi Anak kapal atau Anak Buah Kapal (ABK) adalah semua orang yang mempunyai jabatan diatas kapal kecuali jabatan Nakhkoda.

Gambar  Struktur Organisasi Di Dalam Kapal




 Terima kasih atas kunjungannya di blog "Menara Ilmu" semoga artikel  tentang Struktur Organisasi Kapal Laut (Pelayaran). bermanfaat untuk anda.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar