Tahap Mendesain Kemasan Produk

Bookmark and Share
Membuat kemasan produk memang perlu kreatifitas yang tinggi agar produk yang di tawarkan menarik dan laku keras, berikut ada tips agar rancangan kemasan produk jadi keren:

1. Unik dan kreatif
Jika kamu mau produk (atau kemasan) kamu dilirik banyak orang, buatlah kemasan sekreatif mungkin. Contohlah kemasan sereal sarapan yang sering kali mencantumkan permainan labirin, teka-teki dan lainnya untuk mendorong konsumen untuk membeli produk tersebut.

2. Hati-hati memilih font dan warna
Warna kemasan sebaiknya disesuaikan dengan jenis produknya. Atau, jika perusahaan telah memiliki warna korporat yang khas, boleh juga tuh diaplikasikan pada kemasan. Pastikan bahwa kamu menggunakan warna font yang tepat dan kontras.

3. Pastikan label mudah dibaca
Sebagian besar konsumen membaca dulu informasi seputar produk yang akan mereka beli, karena mereka ingin tahu apa yang mereka beli, dan apakah yang mereka beli itu benar. Maka, sudah jadi tugas kamu untuk memastikan para konsumen bisa membaca informasi yang tercantum pada kemasan dengan baik. Caranya? Ya, dengan memastikan ukuran dan bentuk font yang digunakan mudah dibaca dong.

4. Manfaatkan gambar
Masyarakat kita sangat mudah dipengaruhi oleh hal-hal yang dapat dicerna oleh panca indera. Dalam hal kemasan, rangsangan yang paling mudah dicerna adalah rangsangan visual. Karena itu, kamu sebaiknya menyertakan gambar/visual dalam design kemasan kamu, entah gambar kartun, foto produk, foto model atau apa pun. Pastikan saja gambarnya beresolusi tinggi, dan akan tampak bagus tidak peduli seberapa besar atau seberapa kecil ukurannya.

5. Relevansi itu
Gambar, bentuk font, warna dan bentuk kemasan haruslah sesuai dengan produk, harus memiliki relevansi dengan jenis produk yang kamu jual. Jangan menempatkan gambar anjing ketika kamu membuat design kemasan untuk hotdog – meskipun ‘dog’ memang berati anjing. Bisa-bisa kamu dituduh menyesatkan konsumen, dan mereka tidak jadi membeli produknya karena berpikir bahwa itu adalah makanan anjing atau terbuat dari daging anjing.

6. Gunakan bahasa yang tepat
Pilih bahasa yang pas dengan produknya. Konsumen jaman sekarang itu sangat sulit diyakinkan hanya dengan gambar yang indah-indah saja. Mereka butuh informasi – yang berlimpah dan sesuai.
Kamu harus berhati-hati dengan penggunaan bahasa, termasuk untuk urusan ejaan dan tata bahasa. Tak jarang, konsumen menilai kualitas produk dari bahasa yang tercantum pada kemasannya.

7. Kenyamanan tak boleh terlupakan
Yang tak kalah pentingnya nih sribuddies, pastikan bahwa kemasan kamu mudah dan nyaman digunakan.

8. Terlihat kokoh dan tangguh
salah satu fungsi utama kemasan adalah untuk melindungi produk. Dan, bagi para konsumen, keamanan produk ini adalah hal yang tidak bisa ditawar-tawar lagi.

9. Mudah dibuka
Buat Kemasan yang anda desain agar mudah dibuka.

10. KISS = keep it simple, sribuddies
Untuk menarik perhatian, buatlah design yang sederhana, namun mencolok. pilihlah design yang mudah dikenali oleh konsumen dari segala usia

Demikian tipsnya dalam mendesain kemasan produk semoga bermanfaat dan menginspirasi anda, temukan info menarik tentang Desain Produk



Temukan artikel terkait:   Tips Membangun Rumah Dengan Lahan Terbatas

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar